Insomnia atau kesulitan tidur, pasti sangat mengganggu, maka penderita insomnia selalu mencari cara mengatasi insomnia. Insomnia sendiri lebih dikarenakan faktor psikologis atau kebiasaan. Jadi, bila seseorang menderita insomnia, ceklah ke dalam diri sendiri “apakah saya sedang banyak pikiran?”. Biasanya, apabila insomnianya baru – baru terjadi, kemungkinan memang ada sesuatu masalah yang mengganggu, sehingga mengganggunya sewaktu hendak tidur. Hal ini sangat wajar terjadi. Bila insomnia sudah diderita cukup lama, maka kemungkinannya selain masih ada gangguan psikologis adalah faktor kebiasaan.

Bila Anda menderita insomnia, maka Anda harus segera mencari cara mengatasi insomnia yang Anda alami, karena pastinya insomnia itu sangat mengganggu Anda, baik dari segi fisik maupun dari segi emosional. Apalagi jika esok pagi Anda sudah harus bekerja. Pastinya semakin membuat fisik Anda cepat lelah, dan emosi pun semakin tak terkendali.

Insomnia sendiri ternyata bukan hanya dialami oleh para pekerja, namun juga dapat diderita oleh pelajar / mahasiswa. Bisa dibayangkan bagaimana tidak nyamannya kehidupan pelajar yang menderita insomnia, karena disaat malam yang harusnya dapat digunakan untuk istirahat, justru mata tidak dapat terpejam. Dan pagi hari, harus langsung bergegas untuk kuliah. Dampak langsungnya pasti kepada konsentrasi belajar yang menurun. Memang, untuk mahasiswa, kadang kala ditemukan bahwa mereka memang sengaja begadang pada malam harinya, mungkin karena asyik bermain dengan teman – teman kampus / kos (untuk mahasiswa yang ngekos – pengalaman pribadi :D ) atau sering lembur mengerjakan tugas. Kebiasaan begadang inilah yang nantinya dapat menjadi sumber insomnia.

Cara mengatasi insomnia, yang pertama adalah harus mengubah kembali jam biologis tubuh, untuk mengembalikan jam normal tidur dan jam normal bangun. Hal ini dapat dilakukan dengan cara relaksasi, ataupun mengunjungi dokter. Apabila insomnia yang diderita ternyata karena masalah psikologis, maka masalah psikologis tersebut harus dihilangkan supaya insomniapun dapat sembuh. Salah satu cara mengatasi insomnia yang diakibatkan oleh masalah psikologis adalah dengan hipnoterapi. Saya sudah pernah menuliskan cara mengatasi insomnia dengan hipnoterapi, yang linknya bisa Anda klik di kalimat awal pada paragraf pertama.

Mengapa menggunakan hipnoterapi sebagai cara mengatasi insomnia?

Apabila memang faktor penyebab insomnia tersebut memang berasal dari pikiran, maka hipnoterapi memang dapat membantu banyak. Dalam kondisi hipnosis, Anda dibantu oleh hipnoterapis untuk menguras habis semua emosi yang berhubungan dengan insomnia tersebut. Setelah selesai, maka masalah Anda yang berhubungan dengan insomnia beres, Anda pun dapat tidur dengan normal kembali.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *