Tahapan dalam Hipnoterapi

Bagaimana sebetulnya tahapan dalam hipnoterapi? Apa yang dilakukan hipnoterapis? Dan apa yang terjadi pada klien, dan klien harus bersikap bagaimana? Dalam artikel kali ini, saya akan membahas mengenai hal tersebut.

Tahapan dalam Proses Hipnoterapi

Hipnoterapi di BaliPertama mengenai hipnoterapi sendiri. Dalam website saya ini saya sudah menuliskan, apa itu hipnoterapi, jadi bisa Anda baca dahulu supaya ada pemahaman mengenai hipnoterapi.
Saat klien datang untuk pertama kalinya, klien akan mengisi intake form yang berisi tentang data – data klien, dan tentang masalah apa yang ingin diselesaikan dengan hipnoterapi. Form ini tentunya bukanlah form yang asal – asalan, tetapi form yang memang disusun sedemikian rupa, sehingga dari awal klien mengisi intake form ini, klien sudah mengetahui bagaimana hasil akhirnya nanti.
Untuk beberapa klien, biasanya sebelum saya memberi jadwal terapi, saya terlebih dahulu mengirimkan aturan standard menjalani hipnoterapi intake form ini via email, dengan tujuan supaya saat datang, waktu tidak lagi terbuang untuk mengisi intake form. Jika klien tidak memiliki email, maka yang terjadi seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Selesai pengisian intake form, saya akan melakukan wawancara sebelum terapi. Ada beberapa pertanyaan yang saya ajukan kepada klien, yang tentunya berhubungan dengan masalah yang ingin diselesaikan oleh klien. Sesuai aturan standard menjalani hipnoterapi, klien diminta keterbukaannya soal masalah yang ingin diselesaikan. Jadi, tidak ada yang ditutupi atau disembunyikan. Hal ini tentu saja untuk kebaikan klien. Saya sebagai hipnoterapis, juga tidak akan bertanya yang aneh – aneh, yang tidak berkaitan dengan masalah yang dihadapi klien.

Setelah saya rasa cukup, proses selanjutnya adalah saya, dengan seijin klien, membawa klien masuk ke dalam kondisi hipnosis yang sangat dalam (deep trance). Proses ini berjalan dengan sangat cepat, sesuai yang telah diajarkan kepada hipnoterapis Adi W. Gunawan Institute. Setelah klien memasuki kondisi deep trance, barulah proses terapi dilakukan.

Di dalam proses terapi inilah saya menggunakan teknik – teknik untuk menyelesaikan masalah klien. Sebagai hipnoterapis dari Adi W. Gunawan Institute, ada beberapa teknik yang saya pelajari untuk mengatasi masalah klien. Teknik mana yang saya gunakan, tentunya bergantung pada situasi dan kondisi klien, pada saat proses hipnoterapi berlangsung.

Apakah setelah selesai terapi, klien langsung sembuh? Ini tidak bisa saya jawab dengan ya dan tidak. Dari pengalaman terapi banyak klien, saya mendapati ada yang hanya dengan satu kali sesi, klien langsung sembuh, dan ada juga yang membutuhkan sampai 2 – 3x sesi.

Setelah selesai semua, saya bawa klien keluar dari kondisi hipnosis. Saat keluar dari kondisi hipnosis, klien bangun dengan segar, dan biasanya merasa ringan. Saya minta kepada klien untuk follow up perkembangan positifnya setelah terapi. Apabila memang diperlukan, maka saya meminta klien datang untuk sesi hipnoterapi berikutnya.