Penyala Api atau Pemadam Api?

motivasiApi adalah sebuah unsur yang memiliki kecenderungan untuk PADAM.

Saat angin kencang menghembus, atau saat “bahan bakar” dari api habis, maka api dapat padam.

Misalnya saat Anda membuat api unggun. Jika ingin menjaga agar api unggun tetap panas dan menyala, tentu saja Anda perlu memberi pada api unggun tersebut bahan bakar yang diperlukan, yaitu ranting – ranting kering dan bila perlu Anda juga dapat menambahkan minyak.

Disamping itu, Anda juga perlu melindungi api tersebut dari hal – hal yang dapat memadamkannya, terutama saat api tersebut masih kecil.

Nah, ibarat api yang menyala – nyala, seperti itulah gambaran motivasi dalam hidup kita. Motivasi kita bisa menyala – nyala, tetapi bisa juga padam. Pasti kita semua, baik Anda dan saya, pernah mengalami masa – masa tertentu kita merasa sangat bersemangat. Laksana memiliki semangat 45, apapun halangan tidak kita pedulikan. Sangat menyenangkan masa – masa tersebut ya :-)

Tapi, lain waktu, kita dapat merasa tidak bergairah sedikitpun.

Kenapa hal ini bisa terjadi??

Salah dua faktor yg menentukan adalah “bahan bakar”nya, dan juga apakah kita telah menjada api tersebut dari hal – hal diluar yang dapat memadamkan motivasi kita.

Ada 2 tipe golongan orang di dunia ini, yaitu :

  1. Penyala Api
  2. Pemadam Api

Penyala api adalah mereka yang membuat api motivasi kita tetap menyala dan panas. Dan untuk pemadam api,tentu saja adalah orang yang memberikan sikap pesimis dan negatif kepada kita, sehingga lambat laun memadamkan api motivasi yang kita miliki.

Bagaimana cara membedakan penyala api atau pemadam api?

Salah satu yang termudah adalah dari perkataan yang mereka keluarkan.

Misalnya begini :

Ketika kita sedang berjuang untuk melakukan sebuah pekerjaan atau tujuan yang besar, pemadam api biasanya berkata:

  • Itu MUSTAHIL, kamu TAK AKAN BISA melakukannya.
  • Kamu pikir kamu itu SIAPA ?
  • Jangan LAKUKAN itu, kamu akan GAGAL.
  • Percuma saja kamu lakukan itu
  • Sudahlah, tidak usah mimpi
  • dll

Saya yakin, pasti Anda pernah mendengar kata – kata semacam itu bukan? Atau mungkin saat Anda membaca, ada terbayang wajah orang – orang yang pernah berkata demikian? :-)

Sadarilah bahwa para pemadam api ini selalu melihat pada apa yang tidak mungkin daripada apa yang MUNGKIN.

Secara tidak disadari, mereka menghalangi orang lain mencapai dan menggunakan potensinya.

Maka itu, jika kita ingin api motivasi kita tetap menyala – nyala, salah satunya adalah dengan menghabiskan waktu lebih banyak dengan tipe Penyala Api, yaitu orang – orang yang lebih banyak berkata positif dan mendukung impian – impian kita. Bila saat ini Anda tidak memilikinya, maka carilah komunitas yang Anda rasa dapat mendukung Anda.

Lakukan, dan lihat serta rasakan perubahan yang Anda hasilkan.