Pengobatan Hipnoterapi

Pengobatan HipnoterapiPada artikel kali ini, saya hendak membahas tentang istilah “Pengobatan Hipnoterapi”. Hal ini menjadi hal yang menarik bagi saya, karena dalam setiap telepon dengan klien, mereka menanyakan tentang pengobatan hipnoterapi ini. Baik pengobatan hipnoterapi untuk mengatasi masalah xxx, bagaimana cara untuk mengikuti pengobatan hipnoterapi, dan lain sebagainya.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia online yang terdapat disini :

pengobatan /peng·o·bat·an/ n proses, cara, perbuatan mengobati;– kimiawi penggunaan senyawa kimia untuk mengobati tanaman yg terserang penyakit; terapi kimiawi

Kata dasar dari pengobatan, berasal dari kata dasar obat. Hal inilah yang menjadi perhatian saya untuk menulis artikel ini. Mengapa hal ini penting? Karena hipnoterapi sama sekali tidak berhubungan dengan obat. Bahkan, apabila hipnoterapis yang bukan seorang dokter, tidak diperkenankan untuk meresepkan suatu obat, ataupun menyarankan untuk menghentikan suatu obat. Apabila terjadi, hal ini bisa dikatakan sebagai malpraktik.

Hipnoterapi sendiri secara sederhana, berarti terapi yang dilakukan dengan bantuan kondisi hipnosis. Dan hipnoterapi bukanlah sebuah pengobatan. Hipnoterapis memiliki pegangan / pandangan, bahwa semua kesembuhan berasal dari diri sendiri. Jadi, bukan saya yang hebat apabila seorang klien yang pada awalnya tidak percaya diri, menjadi berani bicara. Ataupun seorang klien yang dahulunya memiliki mental block dalam pekerjaannya, sekarang menjadi efektif di dalam bekerja. Ada pula klien yang dulunya merasakan stres, sekarang dapat menjalani hidup dengan lebih ringan. Klien yang hebat. Merekalah yang hebat. Dan klien – klien saya itulah guru di dalam kehidupan saya.

Seorang hipnoterapis hanyalah fasilitator. Penyembuh sebenarnya adalah diri klien sendiri. Jika diibaratkan naik mobil, klienlah yang memegang kendali, sedangkan hipnoterapis hanya sebagai guide / penunjuk arah. Oleh karena itu juga, seorang hipnoterapis tidak bisa menggaransi terjadinya kesembuhan pada klien.

Maka itulah kurang tepat apabila hipnoterapis dikatakan sebagai pengobatan. Secara lebih lanjut, di dalam hipnoterapi, saya lebih berpendapat bahwa hipnoterapi meningkatkan level kesadaran klien, sehingga suatu simtom yang dulunya memang diperlukan oleh klien supaya dapat menjalani hidupnya dan sekarang sudah tidak diperlukan lagi, dapat dilepaskan secara sadar oleh klien. Dan itulah yang disebut kesembuhan atau perubahan positif.

Apakah seorang hipnoterapis sama sekali tidak boleh meresepkan obat? Tentu saja harus melihat latar belakang pendidikan hipnoterapis tersebut. Apabila dia memang seorang dokter, dan juga sebagai seorang hipnoterapis, maka hal itu diperbolehkan. Tetapi apabila hipnoterapis tidak memiliki latar belakang sebagai dokter, maka hal itu sudah jelas tidak boleh. Semoga artikel ini dapat menjadi panduan bagi Anda yang mencari hipnoterapis, khususnya hipnoterapis di Bali.

Apabila Anda mencari layanan hipnoterapi di Denpasar Bali, silahkan menghubungi 081.236.371.371 :-)