Hipnoterapi untuk Penderita Kanker

Semakin hari semakin terbukti bahwa hipnoterapi klinis dapat memberikan banyak manfaat untuk manusia. Salah satunya adalah menggunakan hipnoterapi untuk penderita kanker. Apa maksudnya adalah menyembuhkan kanker dengan hipnoterapi? Apakah penderita kanker dapat berhenti berobat ke dokter dan menggantinya dengan hipnoterapi untuk mengatasi kanker? Apakah hipnoterapi dapat menggantikan Kemoterapi? Mari kita bahas lebih lanjut.

Hipnoterapi sebagai Terapi Komplementer

Maksudnya adalah hipnoterapi tidak untuk menggantikan peran dokter. Dalam kasus – kasus klinis, hipnoterapis selalu merujuk klien kepada medis. Hipnoterapinya sebagai pelengkap terapi. Di dalam masalah kanker juga demikian. Saat seorang penderita divonis mengalami kanker, pasti secara pikiran, dia akan down, merasa cemas, khawatir, dan takut. Di saat seseorang mengalami kondisi tersebut, maka sistem kekebalan tubuh pun akan menurun. Padahal, dia justru membutuhkan sistem kekebalan tubuhnya untuk dapat melawan sel – sel kanker yang tumbuh.

Disinilah hipnoterapi berperan. Hipnoterapis membantu klien untuk mengatasi tekanan psikologis yang dialami oleh penderita kanker. Diharapkan, saat tekanan psikologis semakin berkurang, sistem kekebalan tubuh semakin naik dan dapat melawan sel kanker. Disamping itu, hipnoterapi dapat membawa klien ke kondisi relaks yang sangat dalam, dimana kondisi relaks ini pasti juga dibutuhkan oleh klien.

Hipnoterapi Bukan Pengganti Kemoterapi

Sebetulnya dari paragraf di atas sudah jelas, bahwa hipnoterapi bukanlah pengganti medis. Oleh karena itu, juga sudah pasti hipnoterapi bukanlah pengganti kemoterapi. Seseorang yang menjalani kemoterapi, pasti merasakan ketidaknyamanan. Seorang hipnoterapis akan membantu klien mengatasi ketidaknyamanan yang dialami karena menjalani kemoterapi. Hipnoterapi juga dapat membantu klien untuk mengurangi nyeri yang dideritanya.

Hipnoterapi Mengatasi Masalah Emosi Penderita Kanker

Sesuai dengan fungsinya, bahwa hipnoterapi dapat digunakan untuk mengatasi masalah pikiran dan/atau emosi. Terkadang penderita kanker memiliki / memendam emosi – emosi yang negatif. Emosi negatif ini apabila tidak dilepaskan, tentunya dapat menjadi beban mental pada orang tersebut, yang secara langsung maupun tidak langsung juga menjadi stressor bagi dirinya. Seorang hipnoterapis, melalui hipnoanalisis, mencari apakah ada emosi – emosi tertentu di dalam diri klien. Apabila ditemukan emosi – emosi negatif, hipnoterapis membantu klien untuk melepaskannya. Tidak jarang setelah emosi negatif dilepaskan, seketika itu klien juga merasakan ringan, plong, seolah – olah ada beban yang lepas dari dirinya. Hal ini tentunya akan membantu diri klien memperbaiki sistem ketahanan tubuhnya, karena sudah berkurangnya tekanan yang membenani. Akhirnya, pengobatan yang dijalani oleh penderita kanker menjadi lebih efektif.

Kesimpulan Hipnoterapi untuk Penderita Kanker

Dari uraian di atas disimpulkan bahwa hipnoterapi untuk penderita kanker bukanlah sebagai pengganti medis. Hipnoterapi untuk penderita kanker, sebagai terapi pendamping, dan lebih ke arah mengatasi emosi – emosi negatif penderita, dan juga membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.