Hipnoterapi Mengatasi Duka Cita – Kesedihan

Selama berpraktek hipnoterapi di Bali, beberapa kali saya mendapatkan klien dengan masalah yang penyebabnya adalah kehilangan seseorang yang dikasihi (misal : orangtua, kakek / nenek, pasangan, anak, dll). Dan ternyata dalam beberapa kasus, yang meninggal ternyata sudah cukup lama meninggalnya. Oleh karena mengganggu, biasanya mereka mencari cara mengatasi duka cita yang mereka alami.

Duka cita dan kesedihan adalah perasaan yang wajar dialami apabila sesuatu yang kita kasihi hilang dari kehidupan kita. Bila Anda jeli, Anda melihat saya menuliskan “sesuatu” dan bukannya “seseorang”, karena ternyata kesedihan tersebut bukan hanya timbul karena ditinggal seseorang, melainkan bisa juga karena binatang peliharaan, misalnya ditinggal mati oleh Anjing kesayangannya.

Perasaan kehilangan tentunya mendominasi bagi yang mengalaminya. Biasanya sehari – hari bisa bersama dengan yang dikasihi, namun tiba – tiba hilang.

Seiring dengan berjalannya waktu, biasanya perasaan ini perlahan mulai menghilang. Seseorang mulai bisa menerima kehilangannya. Mungkin juga melalui pemaknaan ulang bahwa yang meninggal sudah lebih berbahagia karena sudah lepas dari sakitnya, dll.

Meskipun demikian, dalam beberapa kasus yang saya tangani, ternyata ada orang yang masih memegang emosi tersebut meskipun sudah melewati beberapa waktu yang cukup lama.

Terkadang hal ini terjadi karena ada emosi – emosi lain yang “nebeng“. Misalnya begini. Seorang anak yang salah satu orangtuanya meninggal, ternyata juga memendam perasaan bersalah karena masih memiliki janji yang belum ditepati.

Contoh lain, adanya perasaan menyesal karena saat yang terkasih meninggal, dia tidak berada di sisi orang terkasih.

Ada juga yang memendam perasaan marah kepada yang meninggal karena dia merasakan bahwa dia ditinggal sendiri.

Emosi – emosi yang seperti ini yang biasanya tersamar dibalik perasaan duka citanya. Dan ini harus ditemukan serta dibereskan. Bila tidak, tentu saja akan mengganggu hidup yang bersangkutan.

Hipnoterapi, sebagaimana Anda ketahui, dapat membantu mengatasi masalah yang diakibatkan karena pikiran dan/atau emosi. Oleh karena itu, hipnoterapi juga dapat membantu kasus yang seperti ini.

Beberapa kali membantu kasus begini, kebetulan semua selesai dalam 1x sesi terapi. Namun jangan Anda bayangkan untuk kasus ini adalah kasus ringan, dan hanya butuh sugesti, lalu selesai. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan tergantung dari apa yang sebenarnya dialami oleh klien. Oleh karena itu, saya juga tidak menyediakan audio sugesti untuk kasus ini karena sifatnya yang sangat personal.

Apabila Anda seorang hipnoterapis yang hendak membantu klien dengan masalah seperti ini, saya berikan tekniknya di bawah :