3 Pilar Jalan Menuju Sukses

Jumpa lagi dengan saya, Daniel Hipnoterapi Bali. Pada kesempatan kali ini, saya hendak membagikan artikel tentang 3 Pilar jalan menuju sukses.

Salah satu jalan yang paling sering dicari orang adalah Jalan Menuju Sukses :-) Ya, tidak dapat dipungkiri, semua orang, termasuk Anda dan saya, pasti ingin mengalami yang namanya kesuksesan. Bagi beberapa orang, kesuksesan sulit dipahami dan sulit dijangkau. Ada orang yang membuat sebuah rumus Jalan Menuju Sukses dan mempercayai bahwa Anda harus hidup dengan rumusan tersebut jika Anda ingin menuai kesuksesan.

Dalam artikel kali ini, saya akan membahas sedikit mengenai beberapa pilar utama yang seringkali masuk dalam rumus Jalan Menuju Sukses tersebut. Nah, yang perlu Anda ketahui tertulis di bawah ini:

3 Pilar dalam Jalan Menuju Sukses

Dengan ketiga pilar dari rumusan Jalan Menuju Sukses itu, padukanlah sehingga dapat membantu Anda untuk mendapatkan kesuksesan yang Anda inginkan.

Bila Anda merasa membutuhkan jasa Hipnoterapi di Bali, Anda dapat klik pada halaman ini untuk membaca prosedur standar dan kemudian membuat janji temu.

Penyala Api atau Pemadam Api?

motivasiApi adalah sebuah unsur yang memiliki kecenderungan untuk PADAM.

Saat angin kencang menghembus, atau saat “bahan bakar” dari api habis, maka api dapat padam.

Misalnya saat Anda membuat api unggun. Jika ingin menjaga agar api unggun tetap panas dan menyala, tentu saja Anda perlu memberi pada api unggun tersebut bahan bakar yang diperlukan, yaitu ranting – ranting kering dan bila perlu Anda juga dapat menambahkan minyak.

Disamping itu, Anda juga perlu melindungi api tersebut dari hal – hal yang dapat memadamkannya, terutama saat api tersebut masih kecil.

Nah, ibarat api yang menyala – nyala, seperti itulah gambaran motivasi dalam hidup kita. Motivasi kita bisa menyala – nyala, tetapi bisa juga padam. Pasti kita semua, baik Anda dan saya, pernah mengalami masa – masa tertentu kita merasa sangat bersemangat. Laksana memiliki semangat 45, apapun halangan tidak kita pedulikan. Sangat menyenangkan masa – masa tersebut ya :-)

Tapi, lain waktu, kita dapat merasa tidak bergairah sedikitpun.

Kenapa hal ini bisa terjadi??

Salah dua faktor yg menentukan adalah “bahan bakar”nya, dan juga apakah kita telah menjada api tersebut dari hal – hal diluar yang dapat memadamkan motivasi kita.

Ada 2 tipe golongan orang di dunia ini, yaitu :

  1. Penyala Api
  2. Pemadam Api

Penyala api adalah mereka yang membuat api motivasi kita tetap menyala dan panas. Dan untuk pemadam api,tentu saja adalah orang yang memberikan sikap pesimis dan negatif kepada kita, sehingga lambat laun memadamkan api motivasi yang kita miliki.

Bagaimana cara membedakan penyala api atau pemadam api?

Salah satu yang termudah adalah dari perkataan yang mereka keluarkan.

Misalnya begini :

Ketika kita sedang berjuang untuk melakukan sebuah pekerjaan atau tujuan yang besar, pemadam api biasanya berkata:

  • Itu MUSTAHIL, kamu TAK AKAN BISA melakukannya.
  • Kamu pikir kamu itu SIAPA ?
  • Jangan LAKUKAN itu, kamu akan GAGAL.
  • Percuma saja kamu lakukan itu
  • Sudahlah, tidak usah mimpi
  • dll

Saya yakin, pasti Anda pernah mendengar kata – kata semacam itu bukan? Atau mungkin saat Anda membaca, ada terbayang wajah orang – orang yang pernah berkata demikian? :-)

Sadarilah bahwa para pemadam api ini selalu melihat pada apa yang tidak mungkin daripada apa yang MUNGKIN.

Secara tidak disadari, mereka menghalangi orang lain mencapai dan menggunakan potensinya.

Maka itu, jika kita ingin api motivasi kita tetap menyala – nyala, salah satunya adalah dengan menghabiskan waktu lebih banyak dengan tipe Penyala Api, yaitu orang – orang yang lebih banyak berkata positif dan mendukung impian – impian kita. Bila saat ini Anda tidak memilikinya, maka carilah komunitas yang Anda rasa dapat mendukung Anda.

Lakukan, dan lihat serta rasakan perubahan yang Anda hasilkan.

5 Hal Sederhana Untuk Meningkatkan Motivasi

Pada artikel kali ini, Hipnoterapi di Bali membahas mengenai 5 hal untuk meningkatkan motivasi. Meskipun Anda telah berusaha keras untuk terus menggapai tangga kesuksesan dalam hidup Anda, seringkali ada masa dimana Anda merasakan motivasi Anda menurun. Bila Anda sering mengalaminya, tidak perlu khawatir. Situasi seperti itu adalah normal, dan banyak orang pun mengalami hal yang sama dengan Anda.
Dan untungnya, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk kembali meningkatkan motivasi Anda.

Dan inilah 5 hal sederhana untuk meningkatkan motivasi Anda :

1. Cek Kesehatan Anda

Berolah raga, makan makanan yang sehat, dan tetap menjaga tubuh fisik Anda dalam kondisi yang prima. Yups, hal pertama kali yang tidak boleh Anda abaikan adalah tubuh Anda. Salah satu pembangkit motivasi dan/atau semangat adalah dengan memiliki kesehatan yang baik. Tidak ada hal yang mengalahkan kesehatan ! Maka, pastikan hal ini sudah masuk dalam daftar periksa Anda, dan Anda dapat meningkatkan motivasi Anda dengan lebih mudah saat Anda sehat.

2. Temukan Hal yang Mudah Mengganggu Anda

Ada beberapa hal yang sangat sering mengganggu kita senantiasa. Mungkin hal – hal yang nampaknya kecil, sehingga kita abaikan, tetapi akhirnya menumpuk dan berdampak pada menurunnya mood dan/atau motivasi kita. Temukan hal – hal ini, dan ambil waktu untuk menyadari situasinya, dan buatlah rencana untuk mengatasinya. Sebagai tambahan, perlu juga Anda rencanakan supaya hal tersebut tidak datang kembali dan mengganggu pikiran Anda. Saat hal ini telah Anda singkirkan, motivasi Anda pun dapat kembali meningkat. Wuzz…

3. Singkirkan Ketakutan Anda

Meskipun sebenarnya ketakutan dalam taraf tertentu dapat Anda gunakan sebagai senjata untuk memotivasi Anda, namun, bila ketakutan ini membesar tentunya justru akan mengganggu Anda. Ketakutan dan/atau kecemasan adalah masalah psikis. Hal – hal tersebut hanya ada dalam pikiran Anda. Jika Anda dapat menciptakan ketakutan, semestinya Anda juga dapat menghapusnya :-) . Hal yang sama juga untuk masalah kecemasan.
Bila Anda terlalu takut atau terlalu cemas akan apa yang akan terjadi nanti, bisa jadi Anda justru tidak termotivasi sama – sekali. Memecah ketakutan – ketakutan Anda, dari porsi yang besar ke porsi yang kecil – kecil yang dapat Anda atasi, dapat membantu Anda meningkatkan motivasi.
Bila memang diperlukan, Anda dapat menghubungi bantuan profesional, seperti hipnoterapis.

4. Awali Hari Dengan Hal Positif

Pernahkah Anda terbangun dengan perasaan yang tidak nyaman? Kebanyakan orang pernah. Dan seringkali, perasaan tidak nyaman itu berdampak pada keseluruhan hari kita. Sepanjang hari.
Bila perasaan negatif dapat berdampak pada hari – hari Anda, demikian pula perasaan positif.
Awali hari Anda dengan perasaan bahagia, dan dengan pikiran yang positif.
Dengan pikiran yang tepat, suasana hati pun menjadi sesuai dengan yang kita harapkan.

5. Bermeditasi

Meditasi merupakan cara yang sangat efektif dan efisien untuk memotivasi diri Anda. Meditasi telah direferensikan sebagai salah satu cara untuk menemukan kedamaian di dalam diri. Istilah kerennya adalah Inner Peace :-)
Meditasi membantu menjernihkan pikiran Anda, menghilangkan kecemasan, frustasi, dan hal – hal negatif lainnya.
Tidak ada patokan khusus mengenai cara bermeditasi. Selama Anda merasa nyaman dan Anda dapat menemukan ketenangan, lakukanlah. Dan akan jauh lebih mudah untuk merasa termotivasi disaat pikiran Anda tidak dipenuhi oleh hal – hal negatif.
Sebagai saran, bila Anda merasa kesulitan bermeditasi, mungkin lebih mudah bagi Anda apabila di tahap awal Anda didampingi oleh guru meditasi.

Kelima hal di atas merupakan hal yang sederhana, namun memiliki dampak yang besar untuk meningkatkan motivasi Anda. Dan bila memang Anda merasa benar – benar membutuhkan bantuan hipnoterapis di Bali, Anda dapat menghubungi saya untuk membuat janji temu setelah membaca halaman yang berikut ini.

Bagaimana Meningkatkan Keseimbangan Tubuh – Pikiran – Emosi

Siang hari ini, saat sedang beristirahat, saya membuka salah satu halaman facebook kesukaan saya, yaitu Adi W. Gunawan yang juga merupakan guru Hipnoterapi saya. Ada satu status beliau, yang menjadi jawaban atas judul artikel ini yaitu : Bagaimana Meningkatkan Keseimbangan Tubuh – Pikiran – Emosi. Dan inilah tulisan beliau :

Jadi, sebenarnya, jawaban dari judul di atas sangat mudah bukan? Pertanyaannya, seberapa sering Anda melakukannya? Sebagai tambahan dari saya, saat Anda melakukannya, bebaskan diri Anda sejenak dari smartphone Anda. Mungkin terasa sulit, apalagi bila selama ini Anda telah sangat lekat dengan barang tersebut, tetapi cobalah sekali – kali, dan Anda dapat merasakan manfaatnya bagi Anda :-)

Tentu saja pengetahuan ini hanya akan menjadi pengetahuan belaka bila tidak Anda lakukan.

Salam,

Klinik Hipnoterapi Bali

Bagaimana mengatasi kejenuhan?

Pernah mengalami kejenuhan dan mencoba mengatasi kejenuhan? Pasti jawabannya : Tentu saja.
Di dalam hidup ini, siapa sih yang tidak pernah mengalami kejenuhan? Bahkan meskipun kita menjalankan hidup sesuai dengan passion (baca: hasrat) kita, namun bila hal tersebut kita lakukan terus menerus, suatu saat pasti kita akan bertemu dengan sesuatu yang disebut kejenuhan. Dan tentu saja, saat kita mengalaminya, tentu kita akan berusaha mencari bagaimana cara untuk mengatasi kejenuhan.

bagaimana mengatasi kejenuhan

Meskipun tetap hendak mengatasi kejenuhan, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya perasaan jenuh itu adalah sebuah perasaan yang bagus?

Kok bisa?

Karena kejenuhan adalah bagian dari 

 

Nah, bila Anda sering merasakan kejenuhan, cobalah tips sederhana di atas ya, dan rasakan perubahannya dalam hidup Anda. Bila Anda memiliki tips lain mengenai bagaimana mengatasi kejenuhan, bolehlah Anda berbagi dengan komen di bawah :-)

Anda Luar Biasa

Pembaca blog Hipnoterapi Bali yang baik, saat Anda membaca judul artikel ini, kira – kira apa yang ada di pikiran Anda?

Apakah muncul semacam kata – kata “Ahh.. masa..” ; “ga ah, aku orang biasa aja” ; “Ahh .. teori” dan berbagai macam penyangkalan lain.

Rekan pembaca yang baik, saya beritahukan, bahwa hal itu adalah baik untuk Anda. Kok bisa? Karena Anda sudah mulai mengenali salah satu hal yang menghambat diri Anda.

Begini lengkapnya : Read more

Hipnoterapi Mengatasi Duka Cita – Kesedihan

Selama berpraktek hipnoterapi di Bali, beberapa kali saya mendapatkan klien dengan masalah yang penyebabnya adalah kehilangan seseorang yang dikasihi (misal : orangtua, kakek / nenek, pasangan, anak, dll). Dan ternyata dalam beberapa kasus, yang meninggal ternyata sudah cukup lama meninggalnya. Oleh karena mengganggu, biasanya mereka mencari cara mengatasi duka cita yang mereka alami.

Duka cita dan kesedihan adalah perasaan yang wajar dialami apabila sesuatu yang kita kasihi hilang dari kehidupan kita. Bila Anda jeli, Anda melihat saya menuliskan “sesuatu” dan bukannya “seseorang”, karena ternyata Read more

Menggunakan Self Hypnosis untuk Pengembangan Diri

Beberapa kali saya mendapatkan pertanyaan yang kurang lebih begini : “Pak, bagaimana untuk dapat masuk ke kondisi hipnosis?” ; “Pak, bagaimana untuk menghipnosis diri sendiri?” ; “Pak, bagaimana mensugesti diri sendiri?”

Karena saya lihat ada kaitannya, maka saya tulis menjadi sebuah artikel disini.

Pertama – tama, marilah kita bahas tentang kondisi yang namanya kondisi hipnosis ini. Sebetulnya, di dalam website saya ini sudah ada beberapa yang menjelaskan tentang hipnosis, seperti di artikel ini, disini, dan juga yang ini. Namun, saya bahas lagi disini secara singkat.

Kondisi hipnosis sendiri sebetulnya adalah kondisi yang alamiah, yang kita alami setiap hari. Faktanya, setiap hari, +/- 3 s/d 6 jam kita masuk ke dalam kondisi hipnosis.

Misalnya, saat kita sedang melamun, ini kita sedang masuk ke dalam kondisi hipnosis.
Saat sedang asyik membaca buku, atau nonton film, ini pun kita sedang masuk ke dalam kondisi hipnosis.
Saat nonton film, kemudian terbawa suasana, ikut merasakan sedih, senang, tegang, dll, ini pun kita sedang masuk ke dalam kondisi hipnosis.
Saat sedang mengantuk, rebahan di tempat tidur, mata sudah terpejam, namun telinga masih bisa mendengar suara – suara. Ini pun kondisi hipnosis.

Jadi, sebetulnya tidak ada sesuatu yang “WAAAHHH” dengan kondisi ini. Kita sudah mengalaminya setiap hari, jadi ini adalah kondisi yang sangat kita kenali. Dan luar biasanya, kondisi hipnosis ini dapat kita gunakan untuk membantu kita.

Bagaimana menggunakan self hypnosis untuk membantu kita?

Self hypnosis dapat digunakan untuk membantu kita dalam hal yang berhubungan dengan emosi, pikiran, kebiasaan atau perilaku. Misalnya saja, menggunaan self hypnosis untuk mengatasi masalah percaya diri. Self hypnosis dapat juga membantu untuk tenang dalam situasi tertentu, misalnya saat ujian. Bahkan, seorang atlet yang hendak bertanding pun dapat memanfaatkan self hypnosis untuk meningkatkan performanya.

Bagaimana masuk ke kondisi hipnosis sendiri?

Salah satu cara adalah dengan menggunakan audio relaksasi yang dapat Anda download secara gratis di sini. Dan saya akan berikan teknik lain yang dapat Anda lakukan sendiri.

Pastikan Anda berada di tempat yang nyaman dan aman bagi Anda. Sebelumnya, Anda matikan dahulu televisi, handphone, dan hal – hal lain yang kira – kira dapat mengganggu fokus Anda.

Siapkan sugesti pendek, Anda tuliskan pada selembar kertas. Misalnya “Aku percaya diri”. Kemudian lakukan langkah – langkah berikut :

Silahkan Anda lakukan, pasti bermanfaat. Apabila Anda kesulitan sendiri dan merasa lebih baik butuh operator, maka Anda gunakan saja audio relaksasi yang saya berikan :-)

Bila Anda berlokasi di bali dan mencari hipnoterapis di Bali, Anda dapat menghubungi saya di nomor kontak yang ada di website ini.

HINDARI “THERAPY SHOPPING”

Kebetulan hari ini bermain – main sedikit di facebook, dan melihat salah seorang teman baik saya membagikan status dari guru saya, Adi W. Gunawan.

Saya copas disini status beliau

Setiap individu bila mengalami masalah pasti ingin segera lepas dari masalahnya. Cara yang ditempuh untuk mengatasi masalah juga sangat beragam. Ada yang dengan doa, meditasi, refleksi diri atau perenungan, curhat, konsultasi, menghadiri seminar atau lokakarya, ke pemuka agama, hingga minta bantuan hipnoterapis klinis.

Terapi adalah kontrak upaya, bukan kontrak hasil. Ini yang selalu sangat saya tekankan pada setiap (calon) klien. Terapis, sesuai kode etik, tidak boleh memberi jaminan kesembuhan. Yang bisa disampaikan pada klien adalah statistik kesembuhan yang berhasil dicapai saat terapis membantu klien-klien sebelumnya dengan ragam masalah yang mirip atau sama dengan yang dialami (calon) klien.

Sesuai definisi di atas maka, dalam proses terapi, dibutuhkan kerjasama penuh antara klien dan terapis dalam menjalankan proses terapi. Dalam konteks klinis, kami meminta komitmen klien untuk bersedia menjalani terapi hingga empat sesi. Ini hanya komitmen dan tidak harus sampai empat sesi. Bila dalam satu atau dua sesi masalah klien sudah berhasil diatasi maka tidak perlu dilanjutkan ke sesi berikutnya. Namun bila dibutuhkan, klien perlu menjalani hingga empat sesi terapi, atau bahkan lebih. Semua bergantung pada kondisi klien. Dan kami, hipnoterapis klinis, selalu menjalankan praktik dengan memegang kode etik, integritas tinggi, dan profesional. Kami tidak boleh dengan sengaja memperpanjang sesi terapi demi mendapat keuntungan finansial dari klien.

Masalah akan muncul bila klien overekspektasi atau berharap terlalu tinggi. Ada klien yang berharap, dan bahkan bersikeras, untuk sembuh hanya dalam satu sesi terapi. Ini tentu sangat menyulitkan proses terapi. Hukum pikiran mengatakan bahwa dalam hal yang berhubungan dengan pikiran bawah sadar, semakin besar upaya sadar semakin kecil respon pikiran bawah sadar.

Ada klien yang baru menjalani satu sesi terapi dan belum mencapai hasil seperti yang diharapkan sudah langsung mengatakan terapisnya tidak cakap, tidak pintar, tidak efektif. Klien ini tidak melanjutkan ke sesi berikutnya dan mencari bantuan ke terapis lain.

Hal yang sama ia lakukan dengan terapis lain. Ia hanya menjalani satu sesi terapi dan saat belum berhasil mengatasi masalahnya ia pindah ke terapis lain. Ini yang saya sebut dengan fenomena “Therapy Shopping”. Selengkapnya bisa baca di http://goo.gl/gFGiES.

Sama halnya sakit fisik, saat sakit kita butuh minum obat. Dan untuk melihat dan merasakan efek obat tentu butuh waktu. Dokter yang telah memberi resep selalu berpesan, “Obatnya diminum rutin. Bila dalam tiga hari masih sakit atau panasnya tidak turun, segera kembali ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.”.

Bisa dibayangkan bila pasien hanya minum obat selama sehari dan belum ada perkembangan positif seperti yang ia harapkan, lalu pindah ke dokter lain, atau ke terapis lain, mencampuraduk obat satu dengan yang lain. Hasilnya pasti buruk untuk diri pasien.

Demikian juga dengan proses terapi pikiran. Semua butuh proses dan waktu. Klien yang sudah bermasalah selama bertahun-tahun ingin sembuh hanya dengan satu proses terapi yang berlangsung sekitar 2 atau 3 jam. Benar, dalam beberapa kasus kami bisa menyembuhkan klien hanya dalam satu sesi terapi. Namun, ini tidak berlaku untuk semua klien. Setiap klien adalah unik dan butuh penanganan yang personal.

Apakah boleh bila klien baru menjalani satu sesi terapi, merasa tidak puas dengan layanan yang ia dapatkan dari si terapis, memutuskan untuk minta bantuan terapis lain?

Ini tentu sangat boleh dilakukan. Memang sebaiknya klien perlu cermat dan sedikit banyak tahu apa yang dilakukan terapisnya. Namun bila klien merasa kurang puas, ia perlu menyampaikan hal ini pada terapisnya. Atau bila memang ia benar-benar tidak nyaman atau tidak puas, ia berhak untuk tidak kembali ke terapis ini dan cari terapis lain.

Namun, bila ternyata pola ini ia ulangi dengan terapis-terapis lain, klien hanya menjalani satu sesi terapi dengan tiap terapis, maka klien perlu jujur pada diri sendiri, apakah memang benar terapis tidak cakap atau memang klien punya masalah “tidak bisa komit” menjalani sesi terapi, selain masalah yang ia ingin selesaikan dengan bantuan terapis.

Bagaimana menurut Anda?

Kenali Tujuan Anda

Bila kita mau sedikit “aware”, sebetulnya kita bisa belajar dari apapun yang ada di sekitar kita. Ini sama seperti Ajahn Chah, seorang Bikhu yang tinggal di hutan Thailand. Beliau banyak sekali memberi pelajaran yang didapatkan dari lingkungannya, baik tanaman maupun binatang.

Kali ini, saya mau ajak belajar dari sebuah game, yaitu Candy Crush Saga.

Bagi Anda yang belum tahu, Candy Crush Saga merupakan permainan bertema puzzle dimana kita menghancurkan candy yang ada dengan menukar posisinya sehingga dia menjadi minimal 3 buah sebaris.

candy-crush-2

Game sederhana ini sangat menyenangkan, dan ternyata juga dapat memberi pelajaran bagi saya.

Begini ceritanya…

Suatu hari, seorang keponakan saya meminjam HP untuk bermain game Candy Crush ini.

Seperti umumnya sebuah game, level 1 pasti sangat mudah dilalui. Tinggal geser sana – sini, game selesai dengan mendapatkan 3 bintang ^_^

Jadi, dia bermain dengan sangat mudah.

Sampai suatu saat, “Om, ini kok kalah terus ya? Padahal angkanya sudah lebih dari target lho.. ”

Saya pun melihat, dan ternyata dia memainkan permainan yang sudah di level atasnya, dimana permainan tidak sekedar menghancurkan candy, tetapi ada tugas tertentu seperti menghancurkan Jelly ataupun menurunkan benda tertentu sampai bawah.

candy-crush

Disinilah pelajaran yang bisa saya ambil dari sebuah game.

Seringkali kita merasa bahwa kita sudah melakukan yang benar, dan yang terbaik yang kita bisa. Tetapi, kita tidak puas dengan hasilnya. Ataupun, hasilnya tidak sesuai dengan apa yang benar – benar kita inginkan.

Hal ini biasanya diawali karena kita tidak jelas apa yang menjadi tujuan akhir.

Dan yang berikutnya, biasanya kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, karena kita tidak yakin bahwa kita dapat mencapainya. Inilah yang seringkali disebut sebagai mental block.

Marilah kita bahas mengenai mengenali tujuan. Untuk mental block, sudah pernah saya tulis disini yang saya kutip dari tulisan guru hipnoterapi saya, Adi W. Gunawan.

Pikiran bawah sadar kita sangatlah luar biasa. Sebagian besar hidup kita dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar. Namun, salah satu sifat pikiran bawah sadar adalah, dia seperti anak – anak. Apa artinya? Artinya saat kita memberikan suatu instruksi, harus benar – benar jelas.

Sebagai contoh, sewaktu anak saya masih usia 2 tahun, kami menginap di hotel. Waktu itu, istri saya keluar kamar, dan anak saya mengikutinya, namun tidak mengenakan alas kaki. Istri saya langsung berkata “Fe, ambil sandalnya”.

Tentu maksudnya adalah anak saya diminta untuk mengenakan sandal.

Dan tebak apa yang terjadi..

Yaa.. Anak saya kembali ke kamar, mengambil sandalnya, dan kembali ke tempat istri saya dengan sandal yang dipegang di tangannya.

Pikiran bawah sadar pun seperti itu. Saat kita tidak jelas apa maunya, dia akan melaksanakan sesuai dengan apa yang dimengerti olehnya.

Ada sebuah cerita begini..

Adalah 2 orang sahabat yang memiliki mimpi menjadi orang kaya dan memiliki banyak uang. Katakanlah namanya Tejo dan Abdul.

Tejo berkata, “Enak sekali jadi orang kaya. Saya ingin nanti kipas-kipas saja sudah bisa dapat uang.”

Rekannya tidak mau kalah dan berkata, “Kalau saya, saya tinggal goyang kaki saja, uang datang menghampiri saya.”

Beberapa tahun kemudian mereka berhasil mencapai impian mereka. Tejo menjadi penjual sate dan Abdul jadi penjahit.

Bila Anda berpikir ” Ah.. itu kan hanya cerita.. ” dalam kenyataannya, sebagai seorang hipnoterapis, saya seringkali menangani kasus dimana akar masalahnya mirip seperti cerita di atas, yaitu persepsi bawah sadar yang tidak sesuai dengan apa yang menjadi mau dari pikiran sadar.

Jadi, sudahkah Anda jelas apa yang menjadi tujuan Anda?  Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan bertanya kepada diri sendiri “Saat saya meninggal nanti, saya ingin dikenal oleh orang sebagai apa / siapa? “