5 Hal Sederhana Untuk Meningkatkan Motivasi

Meskipun Anda telah berusaha keras untuk terus menggapai tangga kesuksesan dalam hidup Anda, seringkali ada masa dimana Anda merasakan motivasi Anda menurun. Bila Anda sering mengalaminya, tidak perlu khawatir. Situasi seperti itu adalah normal, dan banyak orang pun mengalami hal yang sama dengan Anda.
Dan untungnya, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk kembali meningkatkan motivasi Anda.

Dan inilah 5 hal sederhana untuk meningkatkan motivasi Anda :

1. Cek Kesehatan Anda

Berolah raga, makan makanan yang sehat, dan tetap menjaga tubuh fisik Anda dalam kondisi yang prima. Yups, hal pertama kali yang tidak boleh Anda abaikan adalah tubuh Anda. Salah satu pembangkit motivasi dan/atau semangat adalah dengan memiliki kesehatan yang baik. Tidak ada hal yang mengalahkan kesehatan ! Maka, pastikan hal ini sudah masuk dalam daftar periksa Anda, dan Anda dapat meningkatkan motivasi Anda dengan lebih mudah saat Anda sehat.

2. Temukan Hal yang Mudah Mengganggu Anda

Ada beberapa hal yang sangat sering mengganggu kita senantiasa. Mungkin hal – hal yang nampaknya kecil, sehingga kita abaikan, tetapi akhirnya menumpuk dan berdampak pada menurunnya mood dan/atau motivasi kita. Temukan hal – hal ini, dan ambil waktu untuk menyadari situasinya, dan buatlah rencana untuk mengatasinya. Sebagai tambahan, perlu juga Anda rencanakan supaya hal tersebut tidak datang kembali dan mengganggu pikiran Anda. Saat hal ini telah Anda singkirkan, motivasi Anda pun dapat kembali meningkat. Wuzz…

3. Singkirkan Ketakutan Anda

Meskipun sebenarnya ketakutan dalam taraf tertentu dapat Anda gunakan sebagai senjata untuk memotivasi Anda, namun, bila ketakutan ini membesar tentunya justru akan mengganggu Anda. Ketakutan dan/atau kecemasan adalah masalah psikis. Hal – hal tersebut hanya ada dalam pikiran Anda. Jika Anda dapat menciptakan ketakutan, semestinya Anda juga dapat menghapusnya 🙂 . Hal yang sama juga untuk masalah kecemasan.
Bila Anda terlalu takut atau terlalu cemas akan apa yang akan terjadi nanti, bisa jadi Anda justru tidak termotivasi sama – sekali. Memecah ketakutan – ketakutan Anda, dari porsi yang besar ke porsi yang kecil – kecil yang dapat Anda atasi, dapat membantu Anda meningkatkan motivasi.
Bila memang diperlukan, Anda dapat menghubungi bantuan profesional, seperti hipnoterapis.

4. Awali Hari Dengan Hal Positif

Pernahkah Anda terbangun dengan perasaan yang tidak nyaman? Kebanyakan orang pernah. Dan seringkali, perasaan tidak nyaman itu berdampak pada keseluruhan hari kita. Sepanjang hari.
Bila perasaan negatif dapat berdampak pada hari – hari Anda, demikian pula perasaan positif.
Awali hari Anda dengan perasaan bahagia, dan dengan pikiran yang positif.
Dengan pikiran yang tepat, suasana hati pun menjadi sesuai dengan yang kita harapkan.

5. Bermeditasi

Meditasi merupakan cara yang sangat efektif dan efisien untuk memotivasi diri Anda. Meditasi telah direferensikan sebagai salah satu cara untuk menemukan kedamaian di dalam diri. Istilah kerennya adalah Inner Peace 🙂
Meditasi membantu menjernihkan pikiran Anda, menghilangkan kecemasan, frustasi, dan hal – hal negatif lainnya.
Tidak ada patokan khusus mengenai cara bermeditasi. Selama Anda merasa nyaman dan Anda dapat menemukan ketenangan, lakukanlah. Dan akan jauh lebih mudah untuk merasa termotivasi disaat pikiran Anda tidak dipenuhi oleh hal – hal negatif.
Sebagai saran, bila Anda merasa kesulitan bermeditasi, mungkin lebih mudah bagi Anda apabila di tahap awal Anda didampingi oleh guru meditasi.

Kelima hal di atas merupakan hal yang sederhana, namun memiliki dampak yang besar untuk meningkatkan motivasi Anda.